Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 09 Juni 2015 15:57 WIB

Fraksi Demokrat Tunggu Kepastian Nilai Dana Aspirasi

Jakarta, HanTer - Sekretaris Fraksi Partai Demokrat di DPR RI Didik Mikrianto mengatakan fraksinya masih menunggu kepastian mengenai jumlah dana aspirasi daerah pemilihan dan teknis pemberiannya.

"Waktu itu dari DPR RI sepakat membentuk tim untuk mengajukan aspirasi dapil sesuai UU no 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD. Masing-masing fraksi mengajukan satu nama dalam tim itu," katanya di Jakarta, Selasa (9/6).

Didik menjelaskan hingga saat ini dirinya belum mendapatkan laporan dari anggotanya yang ada di tim aspirasi tersebut karena berkorelasi langsung dengan Badan Anggaran DPR RI.

Dia menduga karena belum ada hasil final maka anggotanya belum melaporkan perkembangannya. "DPR sepakat membentuk tim untuk mengajukan aspirasi dapil sesuai UU MD3, yang anggotanya dari masing-masing fraksi," ujarnya dikutip Antara.

Menurut dia, usulan dana aspirasi itu basisnya UU MD3 karena ada pasal yang menyebutkan bahwa untuk kepentingan daerah pemilihan maka setiap anggota bisa mendapatkan dana aspirasi.

Menurut dia para pimpinan fraksi setuju dibentuk tim untuk mengajukan dana aspirasi dapil yang mekanismenya sedang dibahas. "Rambu-rambunya seperti apa, lalu bagaimana batasan angka dana aspirasi dapil itu," katanya.

Dia menjelaskan DPR ketika reses mendengarkan aspirasi kemudian menyampaikan ke paripurna agar disampaikan ke pemerintah. Karena itu, menurut dia, DPR akan menyerahkan ke pemerintah dalam memprogramkan aspirasi tersebut.

"Dalam aspirasi dapil, DPR hanya menyuarakan sehingga program dan pelaksanaannya dilakukan pemerintah," katanya.

Dia menegaskan DPR RI hanya memantau dari sisi pengawasan karena pada kewenangannya ada di pemerintah.


(Anu)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats