Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 02 Juli 2016 12:21 WIB

Marco Kusumawijaya: Reklamasi Dihentikan Untungkan Masyarakat

Jakarta, HanTer-- Pengamat perkotaan dari Universitas Parahyangan, Marco Kusumawijaya, menilai penghentian proyek reklamasi pantai utara Jakarta takkan berakibat apa-apa. Dirinya sekaligus menolak anggapan bahwa penghentian reklamasi pulau akan berdampak pada kerugian negara karena pulau-pulau yang kini tengah dibangun akan mangkrak. 

Menurut dia, penghentian tersebut justru akan menguntungkan masyarakat.‎ Sebaliknya bila dilanjutkan, kata dia, proyek reklamasi hanya menguntungkan segelintir orang.

"(Kalau dilanjutkan reklamasi), Kerugian justru terjadi pada sesuatu yang kita sebut milik bersama yaitu laut. Sementara yang untung ya pribadi, perusahaan, dan pemerintah dengan rezimnya saat ini," katanya saat dihubungi di Jakarta‎, Jumat (1/7/2016).

Menurutnya, pulau-pulau buatan yang sudah terlanjur dibangun bisa difungsikan untuk proses rehabilitasi seperti ditanami bakau atau didirikan kampung nelayan. Meskipun tidak bisa pulih seperti semula, kata dia, namun rehabilitasi bisa mendukung upaya bioremediasi atau menghidupkan kembali biota-biota yang ada di perairan utara Jakarta.

Ia menilai Jakarta tidak memerlukan penghasilan tambahan dengan membangun 17 pulau buatan di Teluk Jakarta. Jika ini jadi, maka akan ada tambahan daratan seluas 5.100 Hektare.


(Sammy)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats