Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 22 September 2016 18:22 WIB

Oktober, Harga Premium Turun Solar Naik

Jakarta, HanTer - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral memprediksi harga bahan bakar minyak jenis premium akan turun sedangkan harga solar akan mengalami kenaikan per Oktober 2016.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja seusai rapat dengan Komisi VII DPR RI di Jakarta, Kamis (22/9/2016), mengatakan perkiraan penyesuaian harga dilakukan berdasarkan evaluasi tiga bulanan yang dilakukan pemerintah, di mana didapati adaa perubahan harga rata-rata minyak dunia.

Penentuan harga BBM bersubsidi sempat ditiadakan pada pertengahan tahun karena ada hari raya Idul Fitri sehingga penghitungan tiga bulan dimulai dari Juli, Agustus, dan September.

"1 Oktober itu masuk tiga bulan kami evaluasi. Ada dari rata-rata tiga bulan ada perubahan sedikit. Premium turun dan solar naik," katanya.

Menurut Wiratmaja, pemerintah akan menunggu hingga tanggal 25 bulan ini untuk menghitung total harga penyesuaian.

Ia juga mengatakan akan mendiskusikan hal tersebut kepada Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM Luhut Binsar Panjaitan.

"Tapi dari harga minyak dunia kami hitung semuanya bahwa premium turun, solar naik. Kisarannya antara Rp300 - Rp500 per liter fluktuasi naik turunnya rata-rata segitu," katanya.
 


(Anu)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats