Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 12 Januari 2017 18:03 WIB

Jasa Marga Perbaiki Kekuatan Jembatan Cisomang

Jakarta, HanTer - PT Jasa Marga Tbk‎ tengah melakukan pengerjaan perbaikan jembatan Cisomang di ruas tol Cipularang sudah berjalan. Setidaknya beberapa persiapan pengerjaan berat sudah selesai.

VP Maintenance PT Jasa Marga (Persero) Tbk Reza Febriano mengaku secara keseluruhan, perbaikan baru mencapai 10 persen.

"Jadi karena ini sifatnya pekerjaan berat, semua persiapan loading unloading bahan material dan alat-alat berat sudah lakukan, jadi minggu ini kita mulai kegiatannya," kata Reza kepada pers di Jakarta, Kamis, (12/1/2017).

Reza menambahkan, saat ini ada enam pekerjaan yang dilakukan dalam rangka persiapan pengerjaan beratnya. Dengan begitu, diharapkan nantinya ketika memulai pekerjaan tidak ada kendala lagi.

Khusus mengerjakan hal itu, lanjutnya, Jasa Marga telah membentuk tim khusus yang dipimpin oleh Sumber Daya Manusia (SDM)‎ setingkat dibawah direksi langsung. Tim tersebut dinamakan Tim Penanganan Perbaikan Jembatan Cisomang.

Dengan berbagai progres yang telah disiapkan ini Reza optimistis ‎pengerjaan perbaikan akan rampung paling lambat akhir Maret 2017.

Sampai saat ini, dengan dibatasinya kendaraan yang melintas di jembatan tersebut, pergerakan pilar P2 mulai stabil. Pilar ini sebelumnya mengalami‎ pergeseran sebesar 55 cm.

Desain Jembatan Cisomang

Jasa Marga mendesain Jembatan Cisomang untuk usia 50 tahun. Namun, tol ini sendiri baru diresmikan pada 2005. Pergerakan di salah satu pilar jembatan tersebut bukan karena struktur dan banyaknya kendaraan yang melintas di jembatan tersebut, melainkan karena kondisi tanah di bawahnya.

"Jadi kalau design, itu fix, kokoh sampai 50 tahun, tapi kita tidak bisa perkirakan pergerakan-pergerakan tanah di bawahnya. Jadi ini lebih karena faktor itu," ungkapnya.

Dijelaskannya, kali pertama Jasa Marga memperbaiki jembatan di jalan tol yang pilarnya mengalami pergerakan. Sebelumnya, salah satu jembatan di Tol Semarang-Bawen juga mengalami hal yang sama. Hanya saja pergerakannya tidak selebar jembatan Cisomang. Saat ini perbaikan di Tol Semarang-Bawen sudah bisa diselesaikan.

"Ini tanda early warning sistem kita itu berjalan. Kita ketahui pergerakan ini setelah kita lakukan inspeksi rutin," pungkasnya.


(Anugrah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats