Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 05 Maret 2017 21:25 WIB
Jelang Asian Games 2018

Dana Asian Games 2018, Lolos Dua Syarat Baru Cair

Palembang, HanTer - Kebutuhan dana bagi perhelatan Asian Games XVIII/2018 pada 2017 sebesar Rp2,3 triliun akan dicairkan pemerintah paling lambat di pertengahan tahun, asalkan dua syarat telah terpenuhi, yakni panitia Asian Games Indonesia (Inasgoc) telah menjadi satuan kerja khusus, serta telah ditandatanganinya Perpres terkait pengadaan barang dan jasa.
 
Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto, Minggu (5/3/2017), disela-sela kunjungan ke Palembang mendampingi Tim Dewan Olimpiade Asia (OCA). "Syaratnya adalah Inasgoc sudah menjadi satuan kerja khusus, jadi uang yang disetor pemerintah tak lagi dibelokkan ke Kemenpora tapi langsung ke Inasgoc, kemudian syarat yang kedua adalah sudah ditandatanganinya Perpres oleh Presiden Joko Widodo terkait pengadaan barang dan jasa," kata Gatot S Dewa Broto.
 
Pria yang juga sebagai kepala komunikasi publik Kemenpora itu juga mengatakan bahwa keputusan mengenai syarat ini telah menjadi kesepakatan bersama antara Pemerintah dan Inasgoc, pada rapat pleno yang berlangsung di Jakarta, 9 Februari lalu.
 
"Mengenai Inasgoc jadi satuan kerja sendiri, sejauh ini suratnya sudah ditandatangani Menteri Keuangan pada akhir Februari lalu. Kemudian untuk Perpres kemungkinan besar pada dua pekan mendatang sudah di meja Presiden Joko Widodo," terang Gatot.
 
Menurutnya, sejauh ini pemerintah tetap menjaga komitmen untuk menyediakan kebutuhan dana Asian Games sesuai dengan perencanaan awal. Akan tetapi, ia tidak menapik bahwa sementara ini baru tersedia Rp500 miliar dari kewajiban Rp2,3 triliun pada 2017.
 
Gatot pun tidak menyangkal bahwa muncul kekhawatiran dari Inasgoc sehingga Ketua Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir menjanjikan akan melakukan efisiensi anggaran agar pemerintah segera mencairkan kebutuhan dana pada tahun ini.
 
"Bahkan pak Erick bilang untuk dana Rp500 miliar yang sudah ada saat ini akan ditekan lagi supaya yang digunakan tidak sebanyak itu. Mudah-mudahan Perpres-nya dalam waktu dekat segera ditandatangani oleh Presiden," sambung Gatot.
 
Asian Games ke-18 akan digelar di dua kota yakni Jakarta dan Palembang dengan kebutuhan dana Rp8,7 triliun. Sejauh ini pemerintah telah menyanggupi akan menyediakan Rp2,7 triliun pada 2017 dan sisanya pada tahun mendatang. Keterlibatan pihak swasta sangat diharapkan pemerintah agar perhelatan akbar olahraga di Asia ini agar tidak terlalu menguras APBN. 


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats