Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 23 Maret 2017 15:06 WIB

Tutup 32 Jam Saat Nyepi, Tol Bali Mandara Kehilangan Pendapatan Rp400 Juta

Denpasar, HanTer - Selama Hari Raya Nyepi, PT Jasamarga Bali Tol selaku pengelola Tol Bali Mandara akan menutup operasional selama 32 jam mulai pukul 23.00 WITA pada Senin (27/3) hingga pukul 07.00 WITA pada Rabu (29/3).

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami tutup tol untuk menghormati Hari Raya Nyepi sekaligus kearifan lokal masyarakat," kata Direktur Utara PT Jasamarga Bali Tol Akhmad Tito Karim di Denpasar, Kamis (23/3/2017).

Menurut Tito, selama 24 jam rata-rata pendapatan yang diraih mencapai sekitar Rp350 juta.

Sehingga selama periode penutupan 32 jam itu pihaknya memperkirakan potensi pendapatan yang tidak dihitung masuk sebesar Rp400 juta.

"Itu bukan pendapatan yang hilang karena itu merupakan potensi pendapatan yang tidak didapat karena memang khas di Bali, satu-satunya tol di Indonesia yang rutin setahun sekali ditutup," ucapnya.

Pengelola tol juga menjalin kerja sama dengan empat desa adat di sekitar tol yakni Kuta, Tuban, Pesanggaran dan Bualu.

"Mereka para pecalang akan bantu pengamanan di tol bersama petugas yang kami siagakan," ucapnya.

Apabila ada masyarakat dalam kondisi darurat seperti sakit atau pemadam kebakaran, pengelola tol akan membuka tol tersebut dan tidak dikenakan biaya dengan dibantu oleh petugas pecalang.

Kepala Divisi Operasi Jasamarga Bali Tol Ahmad Izzi mengatakan bahwa untuk mendukung kegiatan masyarakat yang akan melaksanakan ritual "Melasti" atau penyucian simbol dan sarana upacara menjelang Nyepi di Teluk Benoa, pihaknya menyiapkan pengaturan lalu lintas dari perempatan Pesanggaran ke arah Pelabuhan Benoa hingga ke pantai.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian dan pecalang untuk menutup sementara akses jalan ke Pelabuhan Benoa pada Minggu (26/3) dari pukul 06.00 hingga 14.00 WITA.

"Jadi jalan akses Pelabuhan Benoa dari Depo Pertamina sampai lokasi melasti akan dipakai khusus masyarakat yang akan melaksanakan melasti. Sedangkan jalur sebaliknya yang ke arah Pesanggaran akan difungsikan untuk dua arah," kata Izzi.


(Oni/Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats