Di Publish Pada Tanggal : Senin, 17 April 2017 22:46 WIB

Pengamanan Gedung DPR Perlu Diperketat

Jakarta, HanTer - Kepala Bagian Pengamanan Dalam (Kamdal) DPR/MPR, Herry Ardyanto mengakui, pengamanan di tempatnya bertugas kurang optimal. Sehingga ada rencana makar dalam aksi 313 dengan menguasai Gedung DPR. Beruntung Polda Metro Jaya berhasil mengagalkan aksi rencana makar dengan menangkap 5 aktivis yang saat ini telah ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Lima aktivis yang ditangkap yakni Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al-Khaththath, Zainuddin Arsyad dari Gerakan Mahasisa Pelajar Bela Bangsa dan Rakyat (GMPBBR) yang juga anggota Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Wakil Koordinator Lapangan Aksi 313 Irwansyah, Panglima Forum Syuhada Indonesia (FSI) Diko Nugraha dan Andry.

"Sejak saya menjadi Kasat Lemneg (Kepala Satuan Lembaga Negara) pada 2007, pengamanan di sini memang lemah sekali. Di sini tidak ada sistem yang dapat menguatkan pengamanan. Meskipun terdapat tenaga keamanan, namun sistemnya tidak ada," ujar Herry kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Anggota Polri berpangkat komisaris besar itu mencontohkan persoalan pada sistem pengelolaan parkir di area Gedung DPR/MPR. Meski ada, pengelolaan parkir di tempat itu tak berfungsi. Idealnya terdapat pengelolaan yang jelas terhadap pengunjung gedung, seperti yang berlaku di apartemen. Sebab, sudah menjadi rahasia umum siapapun bisa berkunjung hingga menginap di Gedung DPR/MPR.

Sejauh ini, ujar Herry, pihak berusaha mewujudkan upaya peningkatan keamanan gedung. Kritik keras kepada internal bahkan pernah ia lontarkan. Namun ternyata sarannya tersebut tidak ditindaklanjuti. "Saya pernah menyampaikan kepada salah satu anggota BURT (Badan Urusan Rumah Tangga DPR/MPR), sedikit keras bahwa keamanan di sini kampungan. Namun saya tidak bisa berbuat apa-apa kalau tidak diakomodir saran saya tersebut," kisahnya.
 


(safari)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats